Monday, October 12, 2015

Hidup Sehat Mencegah Stroke

Zaman sekarang sangatlah penting menjaga pola hidup sehat, karena penyakit lebih sering menyerang orang dengan pola hidup yang tidak sehat ketimbang karena keturuan darah. Seperti Kanker, Diabetes, Darah tinggi, dulu orang menanyakan apakah ada darah keturunan dari orang tua yang
mengidap penyakit yang sama, tetapi sekarang tidak lagi, terkadang orang tua tidak menderita diabetes ataupun darah tinggi, tetapi kita bisa terkena penyakit tersebut. dan penyakit juga tidak pandang usia. hal itu dikarenakan pola hidup sehat tidaklah kita jalani dengan benar.
Berbagai obat memang banyak sekali, tinggal buka internet, buka google, trallla, semua obat yang dibutuhkan akan segera ada, dari obat bahan kimia sampai obat herbal seperti herbal kanker, herbal jantung, herbal diabetest, herbal darah tinggi (hipertensi) dan banyak lain. tetapi yang paling baik adalah mencegah daripada mengobati, benar bukan???!!!!
Stroke atau CVA (cerebrovasular accident) adalah hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat karena ganggunan suplai darah ke otak yang disebabkan oleh tersumbat atau robek atau bocor atau karena iskemia. Stroke iskemia biasanya disebabkan oleh penderika diabetes yang saat ini paling banyak, yaitu 85% dibandingkan dengan stroke pendarahan 15%.  Penyakit diabetes jika ditambah dengan tingginya kolesterol, trigliserida yang tinggi dan tekana darah tinggi, maka akan 4x lebih besar menimbulkan penyakit stroke.
Meski tidak menyebabkan cacat/kerukan permanen tetapi stroke ringan bisa mengakibatkan:
  • Tangan dan kaki terasa lemas
  • Baal/kesemutan ada salah satu sisi tubuh
  • Gangguan penglihatan 
  • Keseimbangan dan koordinasi tubuh terganggu
  • Gangguan fungsi bicara, 
  • Nyeri kepada hebat.
Stroke ringan biasanya merupakan awal dari serangan stroke sebenarnya, menurut penelitan yang telah dilakukan bahwa 3 orang yang terkena stroke ringan pada akhirnya akan terkena stroke dan 2-nya lagi akan terserang kurang dari kurun 1 tahun.

Stroke adalah penyakit yang sangat merugikan, seseorang bisa mengalami kelumpuhan seumur hidupnya pabila telah terserang oleh stroke. berikut beberapa pencegahan penyakit stroke:
  1. Tidak Merokok. Hasil studi memperlihatkan bahwa orang yang tidak merokok mempunayi kesempatan 33% lebih baik dari yang perokok
  2. Sering Berolahraga. Orang yang rutin dalam berolahraga akan berkurang resiko terserang stroke sebanyak 75%.
  3. Konsumsi sayuran yang berwarna hijau dan buah-buahan banyak mengadung nutrisi yang bisa melancarkan darah, mengatur kadar gula, mengatur hipertensi.
  4. Hindari Stress. Sering stress sangat memicu stroke, apalagi jika telah mempunyai penyakit tekanan darah tinggi
  5. Menjaga Berat Badan. Dengan memiliki berat badan ideal akan mengurangi serangna stroke dan mengurangi kolesterol dalam darah.
Demikianlah saran pencegahan stroke dengan pola hidup sehat, semoga membantu anda


Sumber:
  • http://blogacemaxs-liairna.blogspot.co.id/2015/06/pengobatan-tradisional-penyakit-stroke.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Stroke
  • http://www.ekahospital.com/do-not-underestmimate-mild-stroke
  • https://cheatchuit.wordpress.com/2011/07/05/7-cara-efektif-mencegah-stroke/

No comments: