Friday, October 16, 2015

Kangkung Menyehatkan

Pola hidup sehat adalah kunci hidup tetap sehat sekarang ini, karena penyakit sulit menyerang orang
yang selalu menjaga pola hidupnya. Orang yang suka makan sayur dan buah disertai olahraga amatlah sulit diserang penyakit, apalagi ketika saat ini, cuaca yang tak menentu terkadang panas terkadang hujan (ya seperti ekonimi Indonesia yang tak menentu). Jika kita terserang penyakit yang termasuk kategori ringan dan tidak berbahaya seperti pilek, batuk, bersin-bersin, sakit kepala ringan, ya it's OK, tetapi kalau yang berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, tumor itu akan sangat merugikan kita. Memang sih begitu banyak obat, tetapi apakah obat tersebut tidak berbahaya dan
menyebabkan penyakit lain dalam tubuh kita?. Apalagi obat tersebut merupakan obat yang terbuat dari bahan kimia atau bukanlah obat herbal yang diambil dari tumbuhan. Ya begitu banyak obat, disni saya coba share tentang sayur kankung yang ternyata banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh kita. Kangkung merupakan sayur yang sangat mudah didapat, terkadang tanpa dipelihara begitu saja tumbuh di halaman belakang rumah, dan kl mau beli pun haganya sangatlah murah sekitar Rp. 3000,- dan cukup buat makan sekeluarga.
Kangkung sangat banyak mengandung zat nutrisi dan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh kita, antara lain: air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, potassium, sodium, vit C, Niacin, Vit B6, Vit B12 , asam lemak tak jenuh, kolesterol baik serta zat lain yang penting bagi tubuh. Dan dari berbagai zat yang terkandung dalam kangkung ternyata kankung bisa mencegah dan mengobati penyakit antara lain:
  1. Mengatasi Insomia; kandungan zinc dan selemium dalam kangkung dapat mengendurkan saraf-saraf dalam tubuh. Seseorang yang makan sayur kangkung akan mengantuk dan tidur dengan pulas.
  2. Mencegah Anemia; Kandung zat besi dalam kangkung berguna untuk menambah trombosit dalam darah, ya seperti diketahui zat besi adalah suatu zat nutrisi penambah darah, berarti kangkung juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.
  3. Mengobati Sakit Gigi; Akar sayur kangkung yang ditambahkan dengan cuka kemudian diminum ternyata dapat membantu menghilangkan sakit gigi.
  4. Mengobati Penyakit Kulit; Daun kangkung yang direbus dengan air secukupnya dan kemudian air hasil rebusan tersebut dicucikan pada penyakit eksim dapat membantu kulit tersebut lebih cepat kering dan sembuh.
  5. Menetralkan Gula Darah; Ekstak kangkung setelah melalui uji laboratorium ternyaata dapat menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes melitus, karena ekstrak kangkung berguna sebagai penghambat tubuh melakukan penyerapan gula berlebihan.
  6. Mencegah Sariwan dan Gusi Berdarah; Kangkung sangat banyak mengandung Vitamin C, dan kita ketahui bahwasanya Vitamin C sangat berguna demi mencegah / menyembuhkan Sariawan dan Gusi berdarah / bengkak

Demikianlah manfaat sayur kangkung, sayur yang sangat mudah didapatkan, lezat, murah. Semoga bermanfaat. Amin



Sumber :
  •  http://permathic.blogspot.co.id/2013/07/manfaat-mengkonsumsi-sayur-kangkung.html
  • http://manfaatdaunobat.blogspot.co.id/2013/06/manfaat-dan-khasiat-kangkung-untuk.html
  • http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/khasiat-dan-manfaat-kangkung.html


No comments: