Saturday, October 10, 2015

Jeruk ternyata Menyehatkan Tubuh

Jeruk adalah salah satu tanaman buah terbesar di dunia. Negara Brasil merupakan penghasil jeruk terbesar di dunia. Rasa jeruk adalah favorit ketiga di dunia Setelah cokelat dan vanila. Jeruk merupakan buah yang sangat di sukai oleh semua orang dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Jeruk Indonesi yang terkenal adalah jeruk kalimantan, rasanya yang sebagian besar manis itulah yang menarik lidah setiap orang untuk merasakan buah jeruk tersebut. Sudah menjadi rahasia umum, kalau jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan dan
bermanfaat bagi tubuh kita. Selain Mengandung vitamin C, ternyata jeruk juga banyak mengandung berbagai macam zat yang dapat berguna untuk mnejaga tubuh tetap sehat dan menyembuhkan berbagai penyakit. adapun kandungan buah jeruk tersebut antara lain: Komposisi gizi jeruk manis per 100 gram adalah :
  • energi 45 kkal
  • protein 0,9 g
  • lemak 0,2 g
  • karbohidrat 11,2 g
  • fosfor 23 mg
  • kalsium 33 mg
  • besi 0,4 mg
  • vitamin A 190 IU
  • vitamin B1 0,08 mg
  • vitamin C 49 mg
  • serta air 87,2 g.

Kandungan senyawa dalam jeruk manis yang kaya vitamin C, potassium, dan folid acid, dapat berfungsi untuk menghambat sel-sel kanker. Selain kaya serat, buah berwarna kuning ini juga mengandung hesperidin yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah kolesterol, serta menurunkan tekanan darah. Dalam satu buah jeruk manis ukuran sedang terdapat 16 gram karbohidrat yang mengandung 70 kalori. Karbohidrat ini penting sebagai sumber energi tubuh, terutama untuk otak. Nilai serat dalam sebuah jeruk manis setara dengan 12 persen yang dibutuhkan per hari. Fungsi serat jelas sangat penting antara lain membantu proses pencernaan. Serat dalam jeruk manis bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan lain dalam buah ini dapat mempengaruhi aktivitas enzim Glutatione S-Transferase (GTS), untuk menghambat terjadinya kanker, bekerjasama dengan senyawa limonoida seperti limonin dan nomilin. GTS sendiri merupakan enzim utama sistem detoksifikasi yang dapat menetralkan karsinogen.



Dari kandungan di atas, buah jeruk dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit, seperti :
Menurunkan Resiko Storke

Menurut American Heart Association, makan dalam jumlah yang lebih tinggi dari senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk atau manfaat buah anggur dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi perempuan. Mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang tinggi memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik ketimbang wanita yang mengkonsumsi sedikit.

Mencegah penyakit kanker
Seperti kanker kulit, payudara, paru-paru, mulut dan usus besar. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung D-limonene yang merupakan senyawa yang sangat baik untuk mencegah berbagai kanker tersebut.

Perkembangan Otak
Buah jeruk ternyata sangat baik untuk perkembangan otak anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung asam folat yang merupakan zat yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak anda.
Source PIcture: Google Image

Menurunkan Tekanan Darah
Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa AS tidak memenuhi asupan harian kalium sebanyak 4700 mg. Juga dari catatan, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian karena berbagai kasus.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
 Manfaat berikutnya yaitu, buah jeruk juga sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Ini dikarenakan buah jeruk merupakan sumber vitamin C. Fungsi vitamin C yaitu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin C pada jeruk juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga sangat baik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan kalium dalam buah jeruk berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap seimbang. Sehingga makan jeruk juga mampu mencegah penyakit kardiak aritmia (detak jantung tidak teratur). Serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang terdapat pada jeruk memberi dukungan terhadap kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di Rumah Sakit St Thomas di Tennessee.
Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki risiko 49% lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan yang kurang mengkonsumsi kalium (sekitar 1000 mg per hari).

Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat vitamin C sebagai antioksidan, bila dimakan dalam bentuk alami atau dioleskan, dapat membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Termasuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, sebagai sistem pendukung kulit.


Efek Samping Makan Buah Jeruk
Beta-blocker :
Jenis obat yang paling sering diresepkan untuk penyakit jantung, dapat menyebabkan kadar kalium meningkat dalam darah. Makanan tinggi kalium seperti jeruk dan pisang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang saat mengambil obat beta-blocker. Mengkonsumsi terlalu banyak kalium dapat berbahaya bagi orang yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dari darah, bisa berakibat fatal.
Maag :
Mereka yang gastro esophageal reflux disease-(GERD) mungkin mengalami peningkatan gejala seperti sakit maag ketika mengkonsumsi makanan yang sangat asam seperti buah jeruk, namun reaksinya bisa bervariasi bagi setiap individu.

Tanpa kita sadari, buah jeruk yang kita biasa makan  ternyata banyak manfaatnya dan berguna bagi kesehatan tubuh kita, baik untuk menyebuhkan dan mencegah penyakit. semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

No comments: