Friday, October 9, 2015

Membuat tombol like di bawah postingan

Anda yang sering menggunakan aplikasi Facebook.com pastilah telah sangat akrab dengan tombol like. Tombol like memang adanya di aplikasi facebook dan dikeluarkan oleh facebook. Fungsi dan manfaat dari tombol like ini
sebagai alat share postingan baik dari facebook itu sendiri maupun dari suatu postingan blog (blogger atau wordpress atau TLD). Tombo ini sangatlah membantu para blogger, karena dapat menciptakan backlink untuk blog kita. Membuat tombol ini di blog tidaklah semudah yang dibayangkan, saya saja mencobanya mungkin ada 50x baru bisa berhasil sesuai keinginan saya (maklum ya pemula). Pertama untuk membuat tombol ini saya mencari di mbah google, banyak sekali blog yang membahas hal ini tetapi juga banyak yang copy paste. di mbah google terdapat banyak blog yang mengajarkan cara membuat tombol like ini dengan mengikuti facebook depelover dan mengaktifkannya dari facebook depolover kemudian di tautan ke blog. Pada facebook telah dijelaskan caranya dan telah bisa mendapatkan kodenya, tetapi ketika dicopy ke edit templete dan diletakkan sebelum (/body> ada bagian HTML yang tidak dibaca, yaitu pada versi2.5, terdapat kesalahan harus diakhiri dengan tanda "(petik 2). seeprti ini programnya:

<div id="fb-root"></div>
<script>(function(d, s, id) {var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = "//connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.5";
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>

sudah diberikan tetapi tidak berhasil, yang berhasil ternyata pada bagian versi=2.5 harus dihapus sehingga HTML menjadi:

<div id="fb-root"></div>
<script>(function(d, s, id) {var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = "//connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>

Scrip diatas asli dari sistem pengembangan facebook, tetapi error (bingungya), mungkian anda ketemu juga seperti itu dan kemudian ada script lagi yang dituliskan ke plugin.

Setelah mencari, mencari dan mencari lagi akhrinya saya dapat script yang lain lagi dari suatu blog (tapi lupa nama blognya, maaf ya mas broooo). script inilah yang saya gunakan untuk tombol like di blog saya yang akan taampil di setiap bagian bawah posting blog saya (anda bisa lihat di akhir artikel ini) dan tombol itu berfungsi dengan baik. berikut scriptnya :

<iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=standard&amp;show-faces=true&amp;width=530&amp;height=60&amp;action=like&amp;colorscheme=light&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='margin-top:15px; border:none; overflow:hidden; width:530px; height:60px'/>

Silahkan anda copy script di atas, dan dipaste pada edit HTML templete blog Anda pada baris setelah  <data:post.body/>. Anda dapat mencari  <data:post.body/> dengan sangat mudah pada edit tempelete dengan menggunakan ctrl+F; contoh hasil tombol like bisa dilihat dibawah, tapi jangan lupa clik like ya (wkwkwkwkwk).

Nanti setelah ini saya akan postingkan bagaimana membuat aplikasi "Artikel Terkait" seperting di postingan saya ini. Terima Kasih

No comments: