Thursday, October 8, 2015

Manfaat Sehat AlPukat (avocado)

Buah alpukat mengandung vitamin C, Vitamin A, Lemak, Protein dan Karbohidrat. Buah ini banyak dimakan oleh orang yang sedang melakukan terapi diet. Lemak dalam alpukat bukanlah lemak jahat yang dapat membuat berat tubuh menjadi naik, tetapi merukapakn lemak yang sangat baik, bisa memenuhi kebutuhan lemak tubuh tetapi tidak menyebabkan kegemukan pada tubuh serta alpukat
bebas kolesterol dan rendah kalori. alpukat menjadi santapan yang penting dan sangat dianjurkan untuk seseorang yang sedang melakukan terapi diet. Alpukat atau apokcat atau avocado dalam bahasa latinnya adalah Persea Americana aslinya berasal dari negara Meksiko dan Amerika Tengah, tetapi pada saat ini banyak dikembangkan di negara amerika selatan dan amerika tengah. Nama Apokat atau avocado berasal dari bahasa suku Aztec. Pada saat pasukan spanyol sekitar abad ke-16 memasuki daerah aztec, maka apokat diperkenalkanlah ke penduduk eropa. Pertama kali memperkenalknya adalalah Martin Fernadez de Enriciso pada tahun 1519.Selain sebagai makanan terapi diet, ternyata alpukat mempunyai banyak manfaat lain seperti:
  1. Mempercepat Penyerapan Nutrisi
  2. Telah dilakukan penelitian beberapa waktu lalu, bahwa buah alpukat terbukti dapat menyerap beberapa jenis nutrisi untuk tubuh menjadi lebih baik, cepat dan jauh lebih efektif apabila dibarengin dengan makan alpukat
  3. Menghambat Pertumbuhan Kanker
  4. Ternyata beberapa kandungan yang terdapat di buah alpukat dapat membunuh sel-sel kanker yang menurut dokter telah ada di dalam tubuh serta dapat menyerang tubuh kapanpun. Nutri Alpukat ini akan segera menyerang sel-sel kanker tersebut sehingga sel kanker menjadi musnah.
  5. Menurunkan Kadar Kolesterol
  6. Bila Kolesterol jahat dalam tubuh melebihi kolesterol baik (HDL) maka akan menyebabkan seseorang bisa terkena penyakil Familial Hypercholesterolemia (FH), Xantomas dan gagal jantung. Seseorang yang rutin makan alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 17% dalam 1 minggu.
  7. Diabetes
  8. Diabetes atau penyakit kadar gula darah sangatlah berbahaya, telah banyak orang yang meninggal dikarenakan penyakit ini, karena seseorang yang terkena diabetes akan mengalami komplikasi penyakit sepeti jantung, stroke, darah tinggi. Karena alpukat dapat menghilangkan kolesterol maka dapat juga dapat mengatur tinggi-rendahnya gula darah seseorang.
  9. Radang Sendi dan Encok
  10. Zat anti-inflamasi, Vitamin E, Vitamin C dan Zat karoteroid yang terkandung dalam alpukat merupakan nutrisi yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik atau rasa nyeri sendi (osteoarhritis)
  11. Mencegah cacat lahir pada Bayi
  12. Karena banyak mengadung folat, vitamin B (asam folat) sekitar 23%, maka alpukat ini dapat mencegah cact lahir, seperti cacat tabung syaraf dan spina bifida.
Sumber :

No comments: