Monday, October 12, 2015

Asam Folat ( Hidup Sehat )

Asam Folat atau Folic Acid atau Vitamin B9 merupakan zat yang sangat penting untuk kebutuhan tubuh dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine.Asam Folat dibutuhkan oleh anak-anak sampai orang dewasa untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Zat asam folat
sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena berfungsi sebagai pertumbuhan dan pembelah sel dan jaringan pada janin dalam kandungan, juga berfungsi sebagai peran dalam memperbaiki dan membuat sel DNA. Apabila sel DNA dan RNA tidaklah sesuai maka seorang janin ketika lahir akan mengalami cacat. Asam Folat disarankan dikonsumsi sebanyak 400mc oleh orang dewasa dan 600mc oleh ibu hamil.
Sayuran banyak sekali mengandung asalm folat, seperti bayam, lobak cina, kacang kering dan kacang polong, sereal, biji bunga matahari serta buah seperti kentang, tomat, jeruk. Asam folat sangat sensitif terhadap sinar, oksigen dan suhu tinggi. Asam Folat cepat terlarut dalam air, sehingga jika mencuci sayur dan buah yang mengandung asam folat jangat terlalu lama dan sering, hal itu bisa menyebatkan zat asam folat yang terkandung akan hilang terbawa oleh air.

Sumber:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_folat
  • http://www.peterparkerblog.com/2834/asam-folat-sangat-penting-untuk-ibu-hamil/

No comments: