Tuesday, November 3, 2015

TAR & NIKOTIN

Setiap rokok pastilah mengandung TAR atau NIKOTIN, setiap kotak rokok ada tulisan berapa tar & berapa nikotin, seringkali kita mendengar roko BERBAHAYA, BERBAHAYA. Bisa menyebabkan kanker mulut, penyakit jantung, berbahaya bagi anak-anak dan penyebab utama dari penyakit itu adalah TAR dan NIKOTIN, sebenarnya apakah kedua hal itu sih?





TAR

Tar adalah istilah yang digunakan oleh produsen rokok untuk menyatakan bahan kimia beracun yang terkandung dalam rokok. TAR pun terbagi menjadi 3 kategori:
  • High-Tar, berarti rokok tersebut sedikitnya mengandung 22 miligram
  • Medium-Tar, rokok mengandung 15mg sampai 21 mg
  • Rendah-Tar, rokok mengadnung 7mg atau kurang
TAR dihasilkan oleh rokok dari hasil pembakaran rokok, TAR dalam asap rokok dapat melumpuhkan silia pada paru-paru dan berakibat pada penyakit paru seperti emfisema, kronis bromkitis dan kanker paru-paru.
Pada tahun 1950 untuk pertama kalinya rokok ditambahkan filter rokok yang diasumsikan berfungsi untuk menjebak tar tersebut, tetapi hasilnya tidaklah seperti yang diharapkan, racun masih dapat masuk kedalam paru-paru.



 NIKOTIN
Merupakan senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh tumbuhan secara alami, terutama dari tumbuhan terung-terungan seperti tembakau dan tomat. Dalam konsentrasi tinggi niktoirn bisa digunakan sebagai bahan baku insektisida tetapi pada konsentrasi tinggi bisa menyebabkan kecandunan, seperti pada rokok.
Nikotin adalah bahan alami yang dihasilkan oleh tembakau, seperti halnya kafein yang dihasilkan oleh kopi. dan nikotin juga sebenarnya sebagai zat penyegar layaknya kafein, sehingga orang yang sulit tidur tidak dianjurkan untuk banyak merokok, tambah merokok tambah sulit tidur.

No comments: