Saturday, October 17, 2015

Membuat Tombol Like Fanpage FB di Blog

Hai, kali ini saya akan meng-share bagaimana caranya membuat tombol fanspage facebook di layar utama blog kita. Sebenarnya hal ini tidaklah sulit hanya menggunakan gadget  HTML/javascript. oh ya yang kita bahas ini adalah khusus untuk blogger ya. Sebenarnya banyak sih cara yang ada,
tinggal buka aja google dan ketik 'cara membuat tombol like fanspage facebook di blog' tetapi banyak juga yang gak berhasil, saya aja udah 10-han kali mencoba, tetapi terkadang yang kita temui hanyalah copy paste. So kl mereka copy paste dari yang salah dan hasilnya juga akan terus salah dan tidak berjalan sebagaimana semeestinya. di mbah google ada yang mengajarkan harus menambah script di sebelum atau sebelum atau sebelum baru ke tata letak (layout) dan menambahkan gadget HTML / javascript.Umtuk membuat tombol like fanspage facebook di blog sebenarnya hanyalah mengcopy code yang didapatkan dari facebook developer ke tata letak saja, dan tombol tersebut selesai sudah. saya coba jelaskan dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah adanya sudah mempunyai Fanspage Facebook. Kemudian :
  1. Silahkan Login Ke Facebook.com, login sesuai dengan id dan password anda
  2.  Setelah Anda berada di Facebook, silahkan anda masuk ke Fanspage yang anda punyai
  3. Seperti digambar, itu adalah halaman fanspage saya https://www.facebook.com/webkuberbagiku, punya anda jelas berbeda dengan saya, apabila alamat fanspage anda masih ada embel-embel seperti /panel, maka silahkan klik halaman pada pojok kiri atas, maka pada adress bar hanya tampil seperti https://www.facebook.com/nama fanspage anda (perbesar gambar jika kurang Jelas).
  4.  Kemudian langkah berikutnya silahkan anda masuk ke developer facebokk (bisa cari di google) atau bisa klik disini
  5. Silahkan Scroll ke bawah dan lihat like button configurator.
  6. Pada URL to Like silahkan ada masukkan alamat fanspage Anda.
    Widht silahkan masukkan ukuran sesuai dengan tata letak yang anda punyai untuk tombol ini, misal 250, 300, 336.
    Untuk Layout silahkan pilih sesuai dengan selera, ada standar, box_count, Button_count, dan button(contoh layout akan langsung ditampilkan) dan untuk action type silahkan pilih Like
  7. Setelah anda melihat contoh yang tampil dan sesuai dengan keinginan anda, maka klik get code, maka tampilah kode seperti ini : (perbesar gambar jika tidak jelas)
  8. Silahkan Anda Masuk ke blogger Anda. dan menuju ke bagian tata letak (layout) dan pilih tambah gadget HTM/Javascript.
  9. Setelah form gadget HTML/Javascript muncul kasih judul sesuai selera (judul Optional)
  10. Kembali ke Facebook Developer, copy code pertama dan kedua ke form gadget HTML/Javascript, copynya satu satu, code pertama dulu baru disusul oleh code kedua dalam satu form gadget HTML/Javascript. dan simpan
  11. Selesai, From like fanspage Facebook Anda telah jadi dan tampil di halaman utama blog Anda.

Mudah Bukan, menampilan tombol like fanspage facebook ke halaman blog, hanya dengan 10 langkah anda sudah bisa, dan tanpa harus melakukan edit HTML pada templete, karena mengedit HTML templete sangat berbahaya bagi orang yang awam (tidak mengerti kode HTML).
Terima kasih, dan terima kasih juga untuk like-nya pada halaman fanspage saya.

Sumber:
  • Original Post by author Webkuberbagi.

No comments: