Tuesday, October 6, 2015

Tips Sehat Jantung

Setiap yang namanya manusia pastilah mempunyai Jantung, kareana Jantung adalah alat utama dalam proses hidup kita, Jantung merupakan sebuah alat dalam tubuh yang berada di dada sebelah kiri sseorang yang berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Seseorang yang mengalami gangguan jantung pastilah hidupnya tidaklah maksimal atau normal lagi, karena peredaran darah dalam tubuh akan mulai terhambat. Banyak jenis penyakit jantung, diantaranya jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah jantung, bocor jantung. Selagi kita sehat sudah wajib bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung ini, pabila jantung seseorang berhenti memompakan darah ke seluruh tubuh, maka orang tersebut secara medis dinyatakn meninggal dunia.
Bila seseorang telah mengalami gangguan pada jantungnya, biasanya mempunyai gejala sebagai berikut:
  1. Merasa Nyeri di dada
  2. Merasa Sakit Kepala
  3. Merasa Mudah Lelah
Jika kita telah mengalami gejala di atas, maka periksakanlah diri Anda.


Sebaiknya sebelum kita mengalami gangguan jantung, kita harus selalu menjaga agar jantung kita tetap sehat dan stabil berproses sebagaimana mestinya, Adapun tipsnya;
  1. Stop Merokok
  2. Perokok mempunyai peluang terkena penyakit jantung yang sangat besar. stoplah merokok sejak dini dan jauhilah p erokok, karena dekat dengan perokok lebih berbahaya dari merokok sendiri. sering disebut perokok pasif.
    Piccture by Google Image

  3. Berjemur
  4. Menurut Penelitian Universitas California, seseorang yang sering berjemur 20-30 menit sehari setiap jam 07.00-10.00. 31% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung. karena sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat meminimalisir pembentukan plak di saluran darah.
  5. Batasi Mengkonsumsi Garam
  6. Terlalu banyak memakan garam dapat meningkatkan tekanan darah. sehingga berefek ke jantung koroner. sebaiknya menggunakan garam adalah jangan dibarengi/dimasukkan ketika memasak, tetapi penggunaan garam sebaiknya ketika akan makan. campurkan garam kedalam masakan yang telah jadi ketika akan disantap
  7. Konsumsi Coklat
  8. Coklat mengandung falvonoid dan magensium yang dapat menurunkan kolesterol. asam stearat yang berguna juga untuk antioksidan di dinding arteri.
  9. Olahraga Teratur
  10. Olahrage teratur dapat menjaga proses jantung dan peredaran darah, tidak perlu olahrage berat, cukup hanya berjalan sekitar 30 menit sudah cukup menjaga jantung dan tubuh menjadi tetap sehat.
  11. Tertawalah
  12. Tertalah sekita anda sedang stess, carilah cara agar bisa tertawa seperti menonton acara lucu, bercanda. karena tertawa lepas dapat menurunkan hormon stres. karena stres sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Ketika kita stres jantung akan bekerja sangat keras dapat memompakan darah sehingga bisa mengakibatkan trombosin tersendat di pembuluh darah. untuk menghindari hal itu tertawalah dengan lepas.
  13. Stop dari alkohol
  14. Alkohol dapat merusak otot jantung kita
    Piccture by Google Image

  15. Banyak Makan buah dan Sayur
  16. Buah dan sayur mengnadung zat-zat yang sangat baik untuk tubuh, terutama jantung. perbanyak makan buah. beberapa buah yang bermanfaat untuk jantung bisa anda lihat di manfaat apel, jeruk, anggur, pisang, tomat, brokoli      
Demikianlah beberapa tips agar jantung tetap sehat, smoga membantu dan bermanfaat demi kesehatan tubuh kita sendiri.

No comments: