Monday, May 23, 2016

Cek dan perkuat Signal Ponsel


Terkadang saat sedang mempergunakan ponsel untuk telponan atau berinternet ria, tiba-tiba hubungan telpon terputus atau not connection pada internet, dan ketika dilihat ternyata bar pada signal telah menghilang.

Pada smartphone androin selain melihat dari bar ternyata mengecek signal bisa juga dilakukan dengan membuka setting>about>network. Maka akan segera muncul kekuatan signal yang ditunjukkan dengan dBm (decibel miliwatt).Untuk Iphone bisa menggunakan sistem *30#12345# pada dial pad, tampilah field test dan bar sinyal berubah menjadi satuan dBm. Pada satuan dBm signal yang baik adalah -70 dan signal yang buruk adalah -100. Lalu bagaimanakah caranya mendapatkan signal yang bagus,


Check Baterai Ponsel
Ponsel yang baterainya sudah mulai melemah juga biasanya berpengaruh pada pendapatan signalnya, apalagi di daerah tersebut memang ternyata kesulitan mendapatkan signal, segera charge ponsel apabila ternyata baterai sudah dibawah 20%.

Pemetaan Signal
Ubah pemeriksa ponsel anda dengan pembacaan dBm, kemudiann silahkan putari rumah atau biasa tempat anda melakukan telpon atau internetan, dimana posisi yang mendapatkan signal -70 dBm atau kurang, maka tandailah tempat tersebut, sehingga ketika anda bertelepon dan terputus, lakukanlah telepon di posisi yang telah ditandai tadi.

Airplane Mode
Hidupkanlah mode airplane mode beberapa menit, kurang lebih 3-5 menit, kemudian non-aktifkan kembali airplane mode tersebut. Hal ini akan me-refresh signal yang didapat oleh ponsel dan akan menjadi lebih baik.


No comments: