Tuesday, October 20, 2015

Asma dan Pencegahan

Asma atau bengek, adalah suatu penyakit sesak nafas yang sebenarnya telah diketahui sejak 2000 tahun yang lalu. Asma sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya 'sesak nafas'. Orang yang menderita penyakit ini tidak perlu malu apalagi rendah diri, karena kehidupan mereka tetaplah normal walau terkadang ketika serangan asma
terjadi penderita asma akan sangat sulit bernafas dan penyakit ini sulit disembuhkan karena penyebab utamanya adalah alergi.
Selain alergi penyebab penyakit asma ini juga bisa disebabkan karena kelelah fisik dan stress yang beras, apalagi jika seseorang yang mengidam penyakit asma juga menderita penyakit asam lambung, maka serangan asma akan sangat sering terjadi. Asma adalah penyakit yang saya derita sendiri.
Ada banyak jenis dari asma, asma yang saya derita adalah asma bronhitis, dimana ketika serangan terjadi maka nafas akan sangat sulit sekali, dan pengobatan yang saya gunakan saat ini adalah inhaler fltuias, kalau dulu sih menggunakan berotec.
Asma ini sendiri ternyata adalah penyakit turunan, saya dapatkan dari kakek saya, orang tua saya (bapak) ketika kecil ternyata juga mengidam asma, tetapi ketika ia beranjak dewasa dan fisiknya mulai menguat maka asma itu hilang dengan sendirinya, tetapi kepada saya tidak, konon menurut cerita memang begitu, asma tidaklah menurun kepada anak tetapi kepada cucu, memang anak akan mengidam asma tetapi tidak lama, ketika ia beranjak dewasa, asma itu akan hilang dengan sendirinya.
Asma memang benar sering menyerang bila saya terserang oleh elergen (pencetus alergi), stresss (banyak pikiran). terkadang ketika serangan itu terjadi, serasa kita akan segera mati, rasa diri sangat cemas, badan terasa sakit, nafas sesak, berkeringat, bahu naik, sulit berbicara, dan saat ini obat yang ada hanyalah inhaler.
Ketika remaja penyakti asma yang saya derita bisa dibilang sempat hilang, ya serangannya tidak lagi begitu sering, karena saya sering berolahraga, sehingga fisik menguat. Asma belum ada obatnya, yang bisa dilakukan adalah hanya mencegah serangan asma terjadi, caranya antara lain:
  1. Rutin Berolahraga; Olahraga akan menjaga stamina dan fisik untuk tetap sehat dan kuat. Orang dengan stamina dan fisik kuat akan sulit/jarang terserang oleh asma, walau orang tersebut telah mengidam asma sejak kecil (turunan)
  2. Menghindari Alergi; Pencetus serangan asma adalah alergi, jadi penderita asma harus mengetahui alergi apa saja yang bisa membuat asmanya kambuh, misalkan debu, makan mie, asap rokok, polusi udara dan pencetus alergi yang lain.
  3. Menghindari Stress; Stess (banyak pikiran) akan sangat menguras tenaga dan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah, orang yang terserang stess akan sangat mudah terserang oleh Asma. Jaga pola hidup agar tidak stress.
  4. Makan-makan yang bergizi; makanan yang bergizi banyak mengandung vitamin dan mineral dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Demikianlah beberapa pencegahan serangan penyakit asma, bagi penderita asma, smoga bermanfaat.


sumber:
  • Original Post by WebkuBerbagi



No comments: