Tuesday, October 27, 2015

Efek Buruk Dompet

Dompet. Setiap orang baik perempuan maupun laki-laki pastilah mempunyai dompet, sebagai alat utama untuk menaruh uang. Khusus laki-laki sering kali menaruh dompetnya di saku celana bagian belakang. HATI-HATI! karena hal ini ternyata mempunyai dampak buruk bagi kesehatan kita, khusunya tulang belakang. Mengapa??


Berikut ini saya sampaikan bahayanya:
Dari Detikhealth, seorang Fisoterapis di Buckhurst Hill, Eseex, Julian Forth menyatakan " Saat ini semakin banyak pasien saya datang ke klinik dengan keluhan sakit punggung bagian bawah. Ternyata itu disebabkan oleh posisi dompet yang menekan saraf dibelakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan sakit line panggung.


Dr. Benedictus Megaputera, dari RS Siloam menyatakan bahwa sciatis nerve adalah nama saraf yang terdapat disepanjang tulang belakang dan memanjang hingga kaki. Apabila saraf ini mengalami tekanan pada saat kita duduk maka akan menjadikan masalah pada kesehatan, dan dompet yang diletakkan pada saku belakang celana dapat menekan saraf sciatic nerve ini. 

Seseorang yang meletakkan dompet pada saku belakang maka otomatis ketika ia duduk maka akan mengambil posisi miring sehingga menimbulkan ketidak seimbangan pada otot, tulang dan sistem saraf tanpa ia sendiri sadari hal itu. Kondisi itu memungkinakan akan melibatkaan 1-2 kurva kompensasi pada tulang belakang dan kemudian bisa menyebatkan merosotnya bahu, neyeri pada leher, punggung.

 
Untuk Menghindari hal tersebut maka sebaiknya seseorang meletakkan dompetnya (khusus laki-laki, perempuan sangat jarang ditemui meletakkan dompet di saku belakang):
  • Meletakkan dompet tidak disaku belakang, bisa di saku depan atau didalam tas
  • Mengeluarkan dompet dari saku belakang bila ingin duduk
  • Melakukan peregangan sebelum duduk dan setelah duduk
  • Usahakan selalau duduk dengan posisi seimbang, tidak miring ke kanan atau kiri 
Demikianlah disampaikan, smoga membantu untuk menjaga kesehatan


Sumber :
  • https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=qd0uVtn0EMa60gTT1YzABQ#q=bahaya+dompet+disaku+belakang 
  • http://indahdwi.web.unej.ac.id/wp-content/uploads/sites/164/2015/03/dompet.jpg


No comments: