Monday, September 28, 2015

Pisang untuk Kesehatan


Pisang, merupakan buah yang umum dan diketahui oleh banyak orang. setiap orang pasti tahu yang namanya pisang, baik anak-anak dan orang dewasa. Ya buah yang berwarna kuning dan bentuknya bengkok, (setahu say belum ada sih buah pisang bentuknya lurus, wkwkwk)
Buah pisang sangat mudah ditemukan dilingkungan kita, kadang pohon pisang tumbuh dengan sendirinya tanpa ada yang menanam, cobalah perhatikan disekitar rumah kita, terkadang di tanah kosong ada pohon pisang, tetapi yang punya tanah gak pernah merasa dia menanam buah pisang, benar gak?
Ternyata, selain mudah didapat, harganya murah, buah pisang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita oleh seseorang, yang pasti pisang banyak mengandung vitamin C, 
Ingatkan, ketika sekolah dahulu, buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, biasanya berwarna kuning, ya Pisang berwarna kuning. seperti mangga, jeruk.


pisang webkuberbagi
Picture by : Google.com

Manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dari mengkonsumsi pisang termasuk menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi. Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral :
  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg

Asupan pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari.

Adapun manfaat buah pisang dalam kehidupan kita demi menjaga tubuh tetap sehat dan menyembuhkan penyakit antara lain:

  1. Membantu proses pencernaan pada usus.
  2. Serat yang terkandung dalam pisang baik untuk mengurangi sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu sangat membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

  3. Mengurangi Rasa Sakit Ketika Haid.
  4. Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

  5. Mencegah Penyakit Jantung.
  6. Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

  7. Kaya kandungan vitamin dan serat
  8. Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

    pisang webkuberbagi
    Picture by : Google.com

  9. Meningkatkan kesehatan otak
  10. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut.

  11. Mengobati jerawat
  12. Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

  13. Menghaluskan kulit wajah
  14. Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

  15. Menjaga Kesehatan Mata
  16. Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.
    Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

  17. Mengatasi gatal akibat terkena gigitan nyamuk
  18. Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.


    pisang webkuberbagi

    Picture by : Google.com


  19. Melancarkan peredaran darah
  20. Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

  21. Menyehatkan Tulang
  22. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

  23. Mengatasi Anemia.
  24. Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

  25. Buah Pisang dapat Mengobati Sakit Maag.
  26. Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.


Demikianlah beberapa manfaat buah pisang dalam kehidupan kita untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menyembuhkan beberapa penyakit. semoga bermanfaat sehingga kita tidak hanyalah menkomsumsi buah-buahan tanpa mengetahui manfaat dan kegunaan buah itu demi tubuh kita.

No comments: