Thursday, December 31, 2015

(share) Cara deteksi penyakit dari kaki


Ternyata kaki adalah alat diagnosa penyakit yang sangat menakjubkan. Dengan melihat gejala pada kaki ternyata dapat mendekteksi penyakit apakah yang sedang diderita tanpa bantuan seorang dokter.


Dikutip dari Everyday Health, Lance Silverman, seorang ahli bedah orthopaedi dari Minesota USA, telah menjelaskan tanda-tanada ataupun gejala penyakit dari penglihat gangguan pada kaki:
  1. Kulit Kering dan Mengelupas pada kaki
  2. Jika kulit pada kaki anda disekitar tumir terlihat kering, pecah-pecah atau malah terkelupas, ini bisa merupakan peringatan dari kondisi tiroid. Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon untuk mengontrol tingkat metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan serta fungsi sistem saraf.
    Tetapi kulit kering juga bisa menadakan dua hal yaitu perubahan cuaca atau masalah kesehatan.

  3. Jari-jari kaki botak
  4. Biasanya jari-jari kaki ditumbuhi oleh bulu, pabila bulu yang ada di jari-jari kaki tersebut tiba-tiba rontok dan jari kaki menjadi botak, maka kemungkinan terjadinya sumbatan aliran darah pada kaki. Hal ini bisa menyebabkan penyakid PAD (arteri perifer atau peripheral artey disease)
    PAD apabila tidak segera diobati akan berbahaya bagi kesehatan kita, karena bisa menyebabkan penyakit serangan jantung atau stroke atau amputasi pada kaki.
    Cara mengobati PAD bisa dengan berhenti merokok (bila anda perokok), menjaga diet seimbang, mengelola kondisi kesehatan seperti diabetes atau hipertensi dan berolahragalah secara teratur

  5. Kaki mati rasa
  6. Ketika kita sering merasakan mati rasa pada kaki, penyakit PAD juga bisa kemungkinan telah anda derita. Selain itu mati rasa pada kaki bisa juga disebabkan oleh penyakit diabetes tipe 2, karena diabetes menghambat aliran darah ke kaki dan bila anda mengalami luka pada kaki maka luka tersebut akan sulit sembuh.

  7. Terdapat garis hitam pada kuku kaki
  8. Garis hitam yang muncul pada kuku kaki selain karena luka pada bagian kuku karena terjepit atau tertimpa benda. Bisa jari kaki anda telah terserang infeksi jamur.
  9. Kaki terasa nyeri pada pagi hari
  10. Ketika bangun tidur kaki sering terasa nyeri bisa menandakan penyakit rheumtoid srhritis (RA) dan plantar fascitis.

  11. Jempol kaki Membesar
  12. Ternyata apabila anda mengidap asam urat dan sedang kambuh, maka jempol kaki kemungkian akan membesar dari biasanya. Apabila jempol kaki anda membesar segeralah konsultasi ke dokter.


Demikianlah beberapa tanda yang diberikan oleh kaki tentang penyakit.

*Smoga Membantu *
 

No comments: