Wednesday, December 30, 2015

Ulang Tahun, KPK Dapat Gedung Baru Canggih


KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) pada ulang tahunnya yang ke-12 tepat tanggal 29 Desember 2015 mendapatkan hadiah yang luar biasa yaitu berupa gedung baru yang canggih. Gedung ini beralamatkan di Jalan Kuningan Persada, Jakarta.


Gedung baru ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari gedung baru dan diresmikan oleh Presiden Indonesia Bapak Jokowi Widodo. Dalam peresmian tersebut Presiden Indonesia menyampaikan:
"Peresemian gedung ini semoga bisa memberikan semangat dan energi baru untuk pemberantasan dan pencegahan korupsi. Semoga dapat memompa semangat juang dalam menunaikan tugas dan kewajiban dalam mewujudkan visi dan mini KPK"

Gedung yang dibangun di lahan seluar 8.663 meter persegi ini memiliki  konsep smar building, green bulding dan secure building. (Agus Rahardjo: Ketua KPK)

Gedung ini mempunyai luas bangunan 39.629m2, dengan 16 lantai dibangun pada tahun 2013 dan menghabiskan dana sebesar Rp. 315,15 miliar. Gedung ini mampu menampung hampir 2000 orang.

Gedung KPK Smar, Green and Secure

Smart Building
Konsep smart pada gedung ini diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa kamera pengawas, pengontrol terhadap akses masuk, manajemen pengaturan pengunjung dan pengawasan keliling, serta mampu mengendalikan semua aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung.

Dengan konsep smart, pemakaian pendingin ruangan dan listrik juga lebih hemat karena menggunakan sensor gerakan dari mansuia di dalam gedung. Diharapkan konsep ini menjadi contoh bagi yang lain dalam membuat gedung yang efesien terhadap penggunan listrik dan tenaga surya.
Ungkap Agus Rahadjo - ketua KPK - ketika peresmian gedung ini.

Green Building
Konsep green pada gedung ini mengedepankan penghematan penggunaan energi, misalnya menggunakan air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman. Dengan sistem ini tidak akan ada air dari gedung KPK akan mengalir kelingkungan karena sistem penggunaan air toilet dan penyiraman tanaman.

Desain fasade gedung yang mempertimbangkan overall thermal transfer value (OTTV) tidak melebih 45 waat/m2. sehingga penggunaan energi pengdingin relatif lebih rendah.

Secure Building
Gedung ini tetap didesain hanya untuk orang yang berhak saja bisa masuk. setiap terperiksa akan memakai kartu identitas, terperiksa tidak akan bisa memasuki ruangan lain.

Ruang terperiksa berada dilantai 2 dan terdapat 70 ruangan. Ruangan ini terhubung dengan layar di ruang lain sehingga saat pemeriksaan langsung, transkrip wawancara sudah bisa dibuat saat itu juga (sistem voice to text : rekaman langsung berbentuk tulisan).

Gedung ini dilengkapi dengan bangunan penjara bagi koruptor dengan kapasitas sebanyak 50 orang, 40 ruang untuk pria dan 10 ruang untuk wanita. ruang penajra dibangun dengan luas 2x3 meter, di isi dengan tempat tidur seluar 0.9*1.8 meter, lemari dan exhaust fan.


Gedung ini telah diresmikan pada 29 Desember 2015, pada ulang tahun KPK, semoga gedung yang besar, smart, green and secure ini sangat bermanfaat bagi Indonesia demi memberantas KORUPSI.

* Smoga Membantu *


No comments: