Friday, May 20, 2016

VIRUS penguras ATM


Kaspersky perusahaan anti virus terkemuka telah mengidentifikasikan ada 49 jenis virus Backdoor. Win32.Skimer dan 39 modifikasi di antaranya adalah virus yang membidikk ATM (Ajung Tunai Mandiri).

Backdoor.Win32.Skimer atau sering di sebut skimer merupakan virus yang telah ada sejak tahun 2010 yang notaben-nya adalah virus yang menyerang mesin ATM. Menurut Kaspersky Lab virus
ini menyerang area yang geografis dari ATM berpontensi untuk diserang sangatlah banyak dan luas, Didapati 20 sampel terbaru dari jenis Skimer ini telah di unggah lebih dri 10 lokasi di 13 negara diantaranya : UEA, Prancis, US, Rusia, Macao, China, Philipne, Jerman, Polandia, Brazil, Spanyol.

Untuk menganggulanginya Kapersky Lab menyarankan bahwa sistem perbankan melakukan scan AV disertai dengan menggunakan tehnologi Whitelisting. enskrip disk secara langsung dan menyeluruh, melindungi Bios di ATM dengan password dan hanya mengijinkan booting dari HDD.

Principal Security Researcher dari Kaspersky lab juga telah membagikan temuan nomor hardcoded yang digunakan oleh malware tersebut, sehingga perbankan yang telah memiliki kode-kode tersebut dapat secara proaktf mencari malware di dalam sistem pengelolaan mereka, mendetekdi ATM yang berpontensi di serang oleh Skimer dan memblokir segara upaya serangan dari malware tersebut.

No comments: