Friday, November 6, 2015

Mengapa harus Sholat Dhuha?

Beberapa hari ini browsing gmana caranya mencari penghasilan sampingan untuk menambah biaya rumah tangga, ketik keyword dari jenis usaha online sampai dengan gmana mencari penghasilan dengan mudah, ternyata dapetnya banyak yang menganjurkan sholat dhuha.
Sholat Dhua adalah sholat sunat yang dilakukan ketika matahari mulai menanjak sampai dengan hampir waktu zhuhur. Sholat dhuha adalah sholat sunnat, beberapa ahli ulama mengatakan bahwasanya sholat ini adalah sholat sunat muakkad.
Dalam beberapa hadist dijelaskan bahwasanya sholat dhuha ini sangatlah bermanfaat seperti hadist yang diriwayatkan oleh muslim, abu daud dan ahmad 'Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada pagi hari. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh orang lain melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain melakukan keburukan adalah sedekah. Sebagai ganti dari semua itu cukuplah dengan mengerjakan 2 rakaat sholat dhuha'. Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. ia harus dikeluarkan sedekahnya untuk setiap tulang ruas tersebut.' Para sahabat bertanya 'Siapakah yang mampu melaksanakan seperti itu, wahai Rasulullah SAW?' RAsullullah SAW bersabda 'Dahak yang ada di Masjid, lu pendam ke tanah dan membuang sesuatu gangguan di tengah jalan, maka itu berarti sedekah. Akan tetapi jika tidak mampu melaksanakan semua itu, cukuplah engkau mengerjakan 2 rakaat sholat dhuha'.


Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasanya 'Kekasihku (Rasulullah SAW) memberikan pesan (wasiat) kepada ku dengan 3 hal yang tidak pernah aku tinggalkan sehingga aku wafat nanti, yaiut Puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha dan tidur dalam keadaan sudah mengrjakan sholat witir.
Kemudian ada juga dari Ahmad dan abu daud Rasullullah SAW bersabda '
 
Baik jawaban mengapa harus dhuha? telah terjawab, lalu bagaimana caranya ?
  1. Mengetahui waktu sholat Dhuha
  2. Sholat dhuha dilakukan pada waktu antara mulai tingginya matahari sampai dengan hampir tibanya waktu zhuhur. Dari hadist muslis 'Sholat para awwabin adalah ketika anak onta mulai kepanasan'. Pengertian dari hadist tersebut adalah 'awwabin = orang yang suka kembali pada aturan Allah' dan maksud dari anak onta mulai kepanasan adalah dimana anak onta yang berguling pada pasir mulai beranjak berdiri karena hangatnya pasir tersebut mulai terasa. itulah waktu yang baik untuk melakukan sholat dhuha, kl di Indonesia sekiranya pada waktu jam 08.00 - 10.000
  3. Bersih dari hadst besar dan kecil, serta berwudhu
  4. Membersihkan tubuh terlebih dahulu dari hadast, andai hadast besar mandilah dan hadast kecil cucilah, kemudian berwudhu, karena ini adalah syarat sah sholat.
  5. Berniat sholat dhua 2 rakaat
  6. Melakukan sholat dhuha sama saja caranya dengan melakukan sholat wajib atau pun sunnat lainnya sebanyak 2 rakaat, hanya niatnya saja melakukan sholat dhuha. Sholat Dhuha maksimal dilakukan sebanyak 12 rakaat dengan 2 rakaat salam.
itulah 3 langkah utama dalam melakukan sholat dhua,  mungkin nanti saya juga akan share bagaiamaa menjadi kaya?

Sumber
  • http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/apa-manfaat-sholat-dhuha.htm#.VjwJJStaynC
  • https://mukjizatshalatdhuha.wordpress.com/
  • http://www.konsultasisyariah.com/waktu-sholat-dhuha/
  • https://amalibadah.files.wordpress.com/2014/06/sholat-dhuha.jpg

No comments: