Thursday, May 19, 2016

Ketahui Jenis Alergi, Ayo berobat


Gejala alergi bisa timbul dimana saja. Kebiasaan yang paling sering dilakukan adalah mengaruk hingga terjadi infeksi, terutama pada malam hari. Alergi akut biasanya menimbulkan ruam atau bintil merah, benjolan kecil yang melepuh hingga bersisik, kulit pecah dan keropeng. Tetapi apabila didapati tanda lain seperti perubahaan warna kulit hinggaa bercak hitam atau putih dapat diwaspadai adanya alergi kronis.

Biasanya alergi dipengaruhi karena adanya faktor genetika, sistem kekebalan tubuh yang rendah, endogen, eksogen serta kombinasi. Kondisi ini diperparah dengan garukan yang menyebabkan luka
atau iritasi, kulit kering infeksi virus atau bakteri, cuaca panas atau perubahan tingkat kelembaban, keringat, cairan pelarut, pembersih, sabun dan deterjen, tetapi bisa juga datang dari makana, debu, serbuk sari, asap rokok hingga polusi udara.

Jenis alergi terbagi menjadi dermatitis kontak alergi dengan gerakan yang lambat, bisanya disebabkan oleh parfum, pengawet kosmetik, metal dan pewarna serta ada juag dermatitis kontak irirtan dengan pergerakan cepat. biasanya akibat sabun keras, deterjen hingga bahan kimia.

Untuk mengetahui kulit yang mengalami alergi bisa dilakukan pemeriksaan darah dan skin prick testdan pemeriksaan tempel. Pencegahan adalah hal yang paling baik dilakukan dengan menghindari pencetus dari alergi itu sendiri.

Selain dari pencegahan apabila seseorang telah terkena alergi maka sebaiknya segera kedokter ahli kulit sehingga bisa mengetahui penyebab dari alergi itu dan cara penanggulanganya dan obat apakah yang baik digunakan untuk menangkal serangan alergi tersebut.


No comments: