Thursday, October 15, 2015

Manfaat Labu Siam (Hidup Sehat)

Hidup Sehat, Siapa sih yang gak mau hidupnya sehat. Tetapi terkadang kita akan lupa dengan kesehatan, apalagi bila menemukan makanan yang disukai, terkadang kita memakannya terlalu banyak sehingga dapat menimbulkan penyakit di tubuh kita, baik penyakit yang ringan seperti sakit kepala, pilek, batuk sampai yang berat seperti kanker, kanker payudara, kanker rahim, penyakit jantung, kolesterol tinggi. Apabila telah terjangkit penyakit pastilah kita akan mencari obatnya, baik obat-obatan yang dibuat oleh pakar
kimia hingga obat herbal. tetapi menurut saya yang terbaik adalah obat herbal, karena tidak mengandung zat kimia yang berbahaya. Pada artikel ini saya coba share tentang manfaat dari labu siam untuk kita, baik untuk menyembuhkan penyakit ataupun mencegah penyakit.
Labu siam tau Jpang (dalam bahasa Ingrris disebut dengan Chayote) adalah tumbuhan berjenis labu-labuan. Buah labu siam ini nenggantung pada tangkainya dan daunnya berbentuk seperti segitiga. Pengekspor utama dari labu siam adalah negara Costa Rica. Orang di Indonesi menyebut jenis labu ini sebagai labu siam karena pertama kali labu ini datang dari Negara Thailan (siam).  Labu siam ini banyak sekali mengandung vitamin dan zat nutrisi penting bagi tubuh antara lain: Folat, Niacin, Asam Pantothenic, Riboflavin, Vit A, C, E dan K, Elektrolit (sodium & potasium), Mineral (kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, Zinc) dan banyak lainnya. sedangkan manfaat labu siam bagi kesehatan antara lain:
  1. Sebagai Anti Kanker dan Penuaan Dini
  2. Labu siam mengandung antioksidan flavonoid polie fenotik seperti apigenindan luteolin, zat ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mengikat radikal bebas yang berbahaya yang dapat menyebabkan kanker, penuaan dini.
  3. Membantu proses pembentukan Janin dalam kandungan
  4. Ibu Hamil sangat baik memakan labu siam, Kandungan Folat dalam labu siam dapat membantu pembentukan janin dalam kandungan dan mencegah cacat lahir.
  5. Menurunkan VLDL
  6. VLDL atau Very low dnesity lipopretein dapat diturunkan produksinya dengan Vitamin B3 atau Niasin dan zat ini banyak terkandung dalam labu siam
  7. Menguranig Asam Urat
  8. Labu siam mempunyai efek diuretik yang dapat memperlancar pembuangan air kecil, sehingga sangat bermanfaat bagi penderita asam urat, karena membantu pembuangan asam urat yang berlebih dalam tubuh melalui air seni
  9. Mengatur gula darah (diabetes)
  10. Karbohidarat dalam labu siam dapat sebagai pengganti bahan makanan pokok, sehingga penderita diabetes yang mengkonsumsi labu siam tidak terlalu banyak makan makanan pokok seperti nasi.
  11. Menurunkan Kolesterol
  12. Karena tidak mengandung lemak jenuh, labu siam ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, karena dapat mengendalikan koelsterol dalam tubuh.
  13.  Mencegah Penyakit Kanker
  14. Apigenin dan luteolin dalam labu siam bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker.
  15. Pencegah Anemia
  16. Labu siam banyak mengandung zat besi, dan zat besi ini adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses penambahan trombosit. 
 Demikianlah sekiranya beberapa manfaat dari labu siam, semoga bermanfaat.

Sumber :
  •  https://id.wikipedia.org/wiki/Labu_siam
  •  http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-gizi-dan-manfaat-labu-siam-bagi-kesehatan.html
  •  http://manfaat.co.id/15-manfaat-labu-siam-bagi-kesehatan
  • http://www.7manfaat.com/manfaat-labu-siam-untuk-kesehatan.html

No comments: