Thursday, January 7, 2016

Penenang Hati Galau


Hal yang paling tidak menyenangkan dan nyaman ketika hati gelisah. atau istilah anak muda sekarang galau. Tetapi janganlah bingunan, karena dalam agama islam telah diajarkan cara mengobati hati yang gelisah, bagaimanakah?

Sholat
Sholat merupakan obat penyakit hati, maka bila seseorang melaksanakan sholat maka hati akan tenang dan Allah SWT akan memberikan jalan keluar.





Sabar
Rasullullah SAW ketika menghadapi cobaan yang tiada henti, maka beliau meneguhkan hati dalam bingkai kesabaran. Sabar bisa membuat seseorang menghadapi setiap masalah yang sangat berat.
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153

"Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang Sabar"
Sabar selain menenangkan jiwa ternyata juga bisa menstabilkan pikiran yang sedang labil (stress)


Mengadu kepada Allah
Al-Fatihah ayat 5
"Hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami meminta pertolongan"
Ketika kita sedang dilanda masalah, maka biasanya seseorang akan mencari tempat untuk curhat (mecurahkan hati), maka curhat-lah kepada Allah SWT, hal itu lebih bermanfaat dari pada curhat kepada seseorang.


Selalu mengingat Allah (Dzikrullah)
Ketika galau mulai menghinggapi kita, maka selalu ingatlah Allah, sebutlah selalu nama Allah, maka Allah akan segera memberikan pertolongan dan jalan keluar


Berpikir Positif
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahannya. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (Al-Isnyirah; ayat 5-6)
Janganlah pernah berprasangka buruk terhadap segala cobaan yang kita terima, karena dari setiap cobaan itu pastilah ada hidayah dan kemudahan setelahnya.
Berpikirlah positif ketika hati sedang gelisah / galau.
Berpikir positif tidaklah hanya di ajarkan dalam agama islam, setiap keyakinan juga mengajarkan bahwa sana ketika kita sedang galau, berpikirlah positif bahwasanya akan adan kemudahan dan jalan keluar.

*Smoga Membantu *




No comments: